KHABAR ( PREDIKET ATAU SEBUTAN )
Khabar yaitu : ( ﺍَﻟﺨﺑﺮﻫﻮﺍﻻﺴﻢُﺍﻟﻣﺴﻧﺪﺍﻟﻰﺍﻟﻣﺑﺗﺪ )
Artinya : Isim yang disandarkan kepada mubtada
Contoh : (ﻣﺤﺒﻮﺐ ﺍَﻟﻌﺎﺪﻞ )
artinya : adil itu disukai.
I’rabnya : (ﺍَﻟﻌﺎﺪﻞ ) mubtada (ﻣﺤﺒﻮﺐ) khabar.
Khabar terbagi kepada dua ( 2 )
1. ( ﻣﻔﺮﺪ
) satu
2. ( ﻏﻴﺮﻣﻔﺮﺪ
) tidak satu
- Mufrad pada khabar adalah (ًﻮﻻَﺷﺒﻬﻬﺎ ﺠﻤﻠﺔ ﻣﺎﻠﻴﺲ )
artinya kalimat yang bukan jumlah dan bukan menyerupai jumlah.
- Ghoiru mufrad ada 4 :
a) Jumlah isimyah ( jumlah yang
terdiri dari mubtada dan khabar )
Contoh ( ﺯَﻴﺪﺍﺒﻮﻩُﻗﺎﺋﻢ ) artinya : si Zaid bapaknya orang berdiri.
I’rabnya (ﺯَﻴﺪ ) mubtada yang
pertama
(ﺍَﺒﻮﻩ )
mubtada yang kedua (ﻩُ ) rabit ( penghubung antara mubtada dan khabar
(ﻗﺎﺋﻢ )
Khabar dari (ﺍَﺒﻮﻩ
) jumlah mubtada dan khabar (ﻗﺎﺋﻢ ﺍَﺒُﻮْﻩُ )
menjadi khabar dari zaidun (ﺯَﻴﺪ )
b). Jumlah fi’ilyah ( jumlah yang terdiri dari
fiil dan fail )
Contoh ( ﺯَﻴﺪﻗﻌﺪَﺍَﺨﻮﻩُ ) artinya si Zaid telah berdiri saudaranya.
I’rabnya (ﺯَﻴﺪ ) mubtada (ﻗﻌﺪ ) fiil madhi (ﺍﺨﻮﻩُ ) fail
jadi mudhof ( ﻩُ ) robit mudhofun ilaih jumlah fiil dan fail menjadi khabar
dari (ﺯَﻴﺪ
)
-
Kalau
khabar terdidri dari jumlah wajib mempunyai robit
-
Yang
dikatakan robit ( ﺭﺍﺒﻁ
) adalah yang menghubungkan antara
mubtada dan khabar.
c) Zharaf makan ( menunjukan tampat ) atau
zharaf zaman ( waktu ) contoh zhorof makan ( ﺯَﻴﺪﻋﻧﺪَﻚ )
artinya si Zaid di sisi kamu.
I’rabnya ( ﺯَﻴﺪ ) mubtada (ﻋﻧﺪَ ) zharaf makan
mudhof
( ﻚ ) mudhofun ilaih ( mazhruf ) jumlah zharafdan mazruf jadi khabar dai
(ﺯَﻴﺪ )
d) Jar dan majur contoh : ( ﺯَﻴﺪﻔﻰﺍﻠﺪﺍﺭِ ) artinya si Zaid dikampung
I’rabnya : (ﺯﻴﺪ ) mubtada (ﻔﻰ ) huruf jar (ﺍﻠﺪﺍﺭ )
dijarkan oleh (ﻔﻰ ) jumlah jar dan
majrur menjadi khabar dari aidun.
- Zharaf dan mazhruf / jar dan majrur dinamakan syabah jumlah atau
menyerupai jumlah ( ﺰﻴﺪﻋﻨﺪﻚ
)
- Tiap – tiap zharaf dan mazhruf / jar dan
majrur berkehendak kepada tempat mutaallaq ( ﻣﺗﻌﻠﻕ ) atau tempat mengaitkn hukum.
- Tempat muta’allaq pada contoh diatas
adalah ( ﻣﺴﺗﻗﺭ
) atau ( ﺍﺴﺗﻗﺭ ) yang
ditaqdirkan asal kalimat pada contoh diatas, (ﻋﻧﺪﻚ ﺯَﻴﺪٌﺍِﺴﺗﻗﺭ) atau (ﻋِﻧْﺪَﻚَ ﻣُﺴْﺗَﻗَﺭﱡ ﺯَﻴْﺪٌ ) dan
pada jar dan majrur
( ﻔﻰﺍﻟﺪﱠﺍﺭِ ﺯَﻴﺪﺍﺴﺗﻗﺭﱠ
) atau (ﻔﻰﺍﻟﺪﺍِﺭ ﺯَﻴﺪﻣﺴﺗﻗﺭ )
KETENTUAN – KETENTUAN DARI KHABAR
Ketentuan
khabar ada 7 :
1. Harus rofa’ contoh ( ﺍَﻧﺎﻣﺗﺄَﺨﺭٌ ) artinya saya terlambat.
I’rabnya
( ﺍﻧﺎ )
mubtada ( ﻣﺗﺄَﺨﺭٌ
) khabar.
2. Harus muthobaqoh (ﻣﻃﺎﺑﻗﺔ ) /
sesuai antara mubtada denan khabar dari segi :
a. Mufrad contoh ( ﻫﻭﻣﺭﻳﺾ )
b. Tasniyah contoh (ﺍَْﻻُﺴﺗﺎﺫَﺍﻥِﻣﺭِﻳﺿﺎﻥِ
)
c. Jamak contoh ( ﺍَﻠﺗﻼﻣﻳﺫُﻣﺠﺗﻬﺪﻭﻥ )
d Muzakar contoh (ﺍﻠﺗﻠﻣﻳﺫُﻧﺎﺠﺢ
)
e. Muannast contoh ( ﻋﺎﺋﺷﺔٌﻣﺠﺗﻬﺪَﺓٌ )
3. Pada umumnya khabar terdiri dari isim mustaq
contoh (ﺍَْﻻُﺳﺎﺗﺫُﻮْﻦَﺭَﺍﺠﻌﻮْﻦ
َ( َﺭَﺍﺠﻌﻮْﻦ ) jadi khabar dari (
ﺍَﺳﺎﺗﺫُﻮْﻦَ
)
dia mustaq dengan isim fail kadang – kadang boleh juga isim yang jamid
contoh ( ﺫَﻠﻚَﻏﻧﻢٌ ) ( ﻏﻧﻢٌ ) menjadi khabar
dari (ﺫَﻠﻚَ
) dia jaid boleh.
4. Boleh menghazafkan / menyembunyikan khabar
bila ada bukti yang menunjukan misalnya dia jadi jawab dari pertanyaan.
Contoh : ( ﺳﻌﻳﺪ ؟ ﻤﺠﺗﻬﺪ ﻤﻦ ) asalnya kalimat itu (ﺳﻌﻳﺪﻣﺠﺗﺪ ﻤﺠﺗﻬﺪ؟ ﻤﻦ ) ,( ﻤﺠﺗﻬﺪ ) yang kedua khabar dari ( ﺳﻌﻳﺪ ) dia dihazafkan
karena ada bukti yaitu :
(ﻤﺠﺗﻬﺪ ) yang pertama.
5. Boleh banyak khabar untuk satu mubtada contoh
:
(ﺧﺒﻳﺭ _ ﻋﻠﻳﻢ
_ ﺒﺼﺮ
_ ﺳﻤﻳﻊ ﺍﷲُ )
6. Harus terletak sesudah mubtada sebagaimana
contoh :
7. Wajib membuang khabar pada empat tempat :
a. Bila menunjukan keadaan yang mutlak atau
keadaan wujudnya umum ini terjadi pada dua tempat.
1.Kalau dia menjadi tempat mutaalaq
dari zharaf dan mazhruf atau jar dan majrur contohnya pada khabar yang terdiri
zharaf dan khabar dari majrur.
2. Sesudah lafadz ( ﻠﻭﻻ ) dan ( ﻠﻭﻣﺎ ) contoh : ( ﻠﻭﻻ )
Artinya : sekiranya tidak
ada agama sungguh telah sesat manusia.
I’rabnya : ( لو ) huruf syartiyah (
ﻻ ) nafi (الدﻳﻥ)
mubtada ( ﻞ ) huruf taukid ( ﺿﻞ ) fiil madhi (ﻴﻥ اﻠﺩ ) di taqdirkan
yaitu : (ﺪ ﺠﻮ ﻤﻮ ) asalnya (ﺲ اﻠﻧﺎ ﻞﺿﻞ د ﻤﻭﺠﻮ ﻳﻥ اﻠد لوﻻ )
b. Apabila ada dia menjadi khabar dari sumpah
contoh : (ﻥ ﻭاﷲﻻﺠﺖﻬد )
Artinya : Demi Allah sungguh aku
akan rajin.
I’rabnya : ( ﻭاﷲ ) mubtada,
khabarnya adalah ( ﻔﺴﻣﻰ
) yang ditakdirkan. ( ﻞ ) huruf taukid (ﻥ اﺠﺗﻬﺩ
) fiil mudhori yang dimasuki oleh nun taukid.
c. Kalau mubtadanya terdiri dari masdar dan
sesudah mubtada itu terdapat kalimat yang pantas menjadi hal dan tidak pantas
untuk jadi khabar.
Contoh
:( ﻣﺴﻴﺄ ﺗﺄﺩﻴﺒﻲاﻠﻐﻼﻢ )
Artinya didikanku terhadap budak itu dalam keadaan jelek.
I’rabnya ( ﺗﺄدﻴﺒﻲ )
mubtada hukumnya marfu’ tanda rofaknya dhommah yang ditakdirkan atas ba ( ﺐ ) karena istiqol (
berebutan harkat ) dengan ya ( ﻱ ) mutakallim. Dan
ya ( ﻱ ) fail dari masdar
takdibi (ﻴﺒﻲ ﺗﺄد ) algulama ( ﺍﻠﻐﻼﻢ )
maful dari ( ﺗﺄدﻴﺒﻲ
) dan ( ﻣﺴﻴﺄ ) menjadi hal, dan khabar dari (ﻴﺒﻲ ﺗﺄد ) ditakdirkan yaitu ( ﺣﺎﺼﻞ ) asalnya
( ﻣﺴﻴﺄ ﺣﺎﺼﻞ ﺩﻴﺒﻲﺍﻠﻐﻼﻢ ﺗﺄ )
d. Bila khabar itu terltak sesudah waw ma’iyah
( waw dengan arti serta )
Contoh : (ﺃﻣﺭﻮﻣﺎﻔﻌﻞ ﻜﻞ ) artinya tiap –
tiap orang beserta apa yang dia perbuat.
I’rabnya : (ﻜﻞ ) mubtada (ﺃﻣﺭ ) mudhofun ilaih, (ﻮ ) maiyah, (ﻣﺎ ) mausul (ﻔﻌﻞ ) fiil madhi
failnya adalah ( ﻫﻮ
) kembali pada (ﻣﺎ ) khabar dari (ﻜﻞ ) ditakdirkan yaitu
( ﻣﻗﺗﺭﻥ )
asalnya (ﻔﻌﻞ ﻥ ﻮﻣﻜﺗﺭ ﺃﻣﺭ ﻜﻞ )
-
Wajib
mendahulukan khabar dari mubtada pada 4 tempat :
1.
Bila
mubtadanya nakirah dan khabar tediri dari jar dan majrur:
Contohnya : ( ﻄﻼﺐ ﻠﻔﺼﻝ ﻔﻰﺍ ) dikelas ada
mahasiswa.
I’rabnya : (ﻔﻰﺍﻠﻔﺼﻞ ) jar
dan majrur jadi khabar muqaddam, ( khabar yang didahulukan ) ( ﻄﻼﺐ ) mubtada muakhar
( mubtada yang di kemudiankan ).
2.
Kalau khabar itu terdiri dari isim istifham atau ism yang didhofatkan
pada istifham dan sesudahnya isim yang marifah, Contoh isim istifam ( ﻣﻥﺃﻧﺕ ) siapa
engkau?.
I’rabnya:
(ﻣﻥ) khabar muqaddam (ﺃﻧﺕ) mubtada muakhar.
Contoh yang
diidofatkan pada isim istifham (ﺃﻧﺕ ﻣﻥ ﺍﺑﻥ )
Artinya : anak
siapa engkau ?.
I’rabnya : (ﺍﺑﻥ) mubtada
diidhofatkan kepada (ﻣﻥ) dan (ﻣﻥ) adalah mudhofun
ilaih (ﺃﻧﺕ
) mubtada muakhar
3. kalau mubtada berhubungan dengan dhomir yang
kembali kepada khabar.
Contoh : (ﺼﺎﺣﺒﻬﺎ ﻔﻰﺍﻠﺪﺍﺭ ) artinya : dalam rumah pemiliknya rumah.
Irabnya : (ﻔﻰ ) huruf jar ( ﺍﻠﺪﺍﺭ )
dijarkan oleh ( ﻔﻰ ) jar dan majrur jadi khabar muqaddam.
(ﺼﺎﺤﺐ) mubtada muakhar (ﻫﺎ) isim dhomir yang
kembali pada (ﺍﻠﺪﺍﺭ) dan ( ﻫﺎ ) mudhofun ilaih.
4. Bila pengertian khabar terbatas / tersimpan
dalam mubtada
Contoh : ( ﻣﺎﺧﺎﻠﻖﺇﻻﺍﷲ ) artinya tidak ada pencipta kecuali Allah.
Irabnya (ﻣﺎ ) huruf ilaih nafi (ﺧﺎﻠﻖ) khabar muqaddam.
(ﺇﻻ) huruf istisna (ﺍﷲ) mubtada muakhar.
BAB MUBTADA (
SUBJEK ) DAN KHABAR ( PREDIKET )
-
Mubtada sama dengan
subjek atau pokok kalimat
-
Khabar sama dengan
prediket atau sebutan
-
Mubtada dan khabar
adalah dua isim yang dari keduanya disusun kalimat yang berfaedah :
-
Mubtada
ialah :
(ﺍَﻠﻤﺒﺗﺪﺍﺍﻻﺴﻡﺍﻠﻤﺮﻔﻮْﻉُﺍْﻠﻌﺎﺮِﻱﻋﻥﺍﻠﻌﻮﺍﻤﻞﺍﻠﻠﻔﻅﻴﺔ )
Artinya : Mubtada ialah isim yang marfu’ yang kosong
dari amil lafziah.
-
Yang
merofa’kan mubtada adalah ibtida ( permulaan ) ﻜﻮﻥﺍﻻﻢﺍﻻْﺠﺮﺪﻋﻥِﺍْﻠﻌﻮَﺍﻤﻞِ
-
Mubtada ada dua dua
pembagian :
1. Zhohir
2. Mudhmar
-
Kedua
–duanya sudah terdahulu dalam bab fail
-
Mubtada
zahir ada dua pembagian
1. Mubtada yang berkehendak kepada khabar contoh
: ( ﺍﷲُﺮَﺒﻧﺎ )
2. Mubtada yang berkehendak kepda fail sadda
masadda khobar ( fail yang
Menempati tempat
khobar, yang ini kalau mubadanya terdiri dari isim wasaf ( isim fail dan isim
maful yang didahului olh nafi atau istifham. )
Contoh : ( ﺍَﻗﺎﺋﻢﺰَﻴﺪ ) artinya
adakah yang berdiri si zaid.
‘Irabnya (ﺃَ)istifham
( ﻘﺎﺌﻢ )
sighatnya isim fail ‘Irabnya mubtada
( ﺰَﻴﺪ )
fail sadda musadda khobar.
( ﻤﺎﻘﺎﺌﻢﺍﻠﺰَﻴﺪﺍنِ )
artinya tidak yang berdiri dua orang zaid.
‘Irabnya : ( ﻤﺎ )
huruf nafi ( ﻘﺎﺌﻢ ) isim fail jadi
mubtada
( ﺍَﻠﺰَّﻴﺪﺍنِ )
fail sadda musadda khobar.
KETENTUAN – KETENTUAN MUBTADA
Ketentuan mubtada ada 5 :
1. Wajib rofa’
contoh : (ﻤﻨﺼﻮﺮ ﺍَﻠﺤﻖْ ) artinya kebenaran itu
di bela.
‘Irabnya : (ﺍَﻠﺤﻖ) murtada marfu’ (ﻤﻨﺼﻮﺮ ) khabar marfu’
2. Harus isim yang ma’rifah atau nakirah yang
berfaedah contoh :
(ﺍﷲﻤﺤﻤﺪﺮﺴﻮﻞ)
(ﻤﺤﻤﺪ)mubtada dia ma’rifah dengan isim alam (ﺮﺴﻮﻞ)
khabar (ﺍﷲ) mudhofun ilaih.
3. Mubtada boleh di hafazkan kalau ada bukti
yang menunjukkan contohnya pada jawab
dari pertanyaan. (کَﻴْﻒﺤﺎﻠﻚ)
bagaimana
keadaanmu.
Irabnya ( کَﻴْﻒَ )
khabar muqaddam ( khabar yang di dahulukan )
( ﺤﺎﻞ )
mubtada muakhar ( mubtada yang dikemudiankan )
(ﻚ)
mudhofun alaih :
-
Lalu dijawab dengan kalimat (ﺒﺨﻴﺮ)
artinya baik-baik ‘irabnya khabar mudtadanya di hafazkan seharusnya di jawab
dengan (ﺍﻧﺎﺒﺨﻴْﺮ ) saya baik.
(ﺍﻧﺎ) mubtada (ﺒﺨﻴﺮ ) jar
dan majrur menjadi khabar.
- Maka menghafakan ( ﺍﻧﺎ ) disini
hukumnya cuma boleh / harus kalau dituliskan juga boleh tidak ada salahnya.
4. Wajib dilafazkan
mubtada itu pada empat tempat :
1) Kalau dia
jadi jawab dari qosam ( sumpah ) contoh
( َﻻﺬﻫﺒﻥ ﻔﻰﺬِﻤﺘﻰ ِ ) Artinya : pada tanggunganku
sunguah aku akan pergi.
I’rabnya (ﻔﻰ ) huruf jar
(
ِﺬﻤﺘﻰ ) dijarkan oleh fi (ﻔﻰ) tanda jarnya kasrah.
(ﻱ) mutakallim wahdah jadi mudhofun illaih.
(ﻞ )
huruf jawab dari qosam ( sumpah )
(ﺍﺬﻫﺒﻦ)
fi’il mudhori’ fiilnya (ﺃﻧﺎ)
yang ditakdirkan, jumlah fi’il dan fail
menjadi khobar, mubtadanya
dihazafkan yaitu lafadz (ﻔﺴﻢ)
sumpah atau (ﻋﻬﺪ) janji.
(ﻦ )
huruf taukid tsakilah ( penegas )
Kalimat
(ﻘﺳﻢ) / (ﻋﻬﺪ) mubtada disini wajib di lazafkan tidak
boleh dituliskan.
2) Kalau khobar terdiri dari masdar pengganti fi’ilnya contoh : (ﺼﺒﺮﺠﻤﺽﻳﻞ)
Artinya : Kesabaran yang baik.
I’rabnya
: (ﺼﺒﺮ ) khabar, (ﺣﻤﻴﻝ)
naat. Mubtada dihazafkan, yaitu
kalimat
(ﺼﺒﺮﻚ)
kesabaran engkau. ‘I rabnya (ﺼﺒﺮ )
mubtada (ﻚ ) mudhofun
ilaih lengkapnya kalimat itu (ﺼﺒﺮﻚﺼﺒﺮﺠﻤﻳﻞ)
tapi tidak boleh menuliskan kalimat (ﺼﺒﺮﻚ)
3) Kalau khabarnya khusus pujian dikhususkan pujian ( ﻧﻌﻢ ) atau
celaan ( ﺒﺋﺲ )
Contoh : (ﺍﻠﺮﺠﻞﻣﺤﻤﺪ ﻧﻌﻢ ) artinya
: Sebaik – baiknya lelaki Muhammad.
I’rabnya ( ﻧﻌﻢ ) fi’il mudah ( pujian ). ( ﺍﻠﺮﺠﻞ )
fail dari ni’ma.
( ﻤﺤﻤﺪ ) khabar mubtadanya (ﻫﻮ)
yang di takdirkan. Asal kalimatnya
adalah : ( ﻧﻌﻢﺍﻠﺮﺠﻞﻫﻮﻤﺤﻤﺪ )
Contoh
celaan :
(
ﺒﺋﺴﺖﺍﻠﻤﺮﺍﺓﻫﻧﺪ ) Sejahat – jahat perempuan Hindun.
I’rabnya : ( ﺒﺋﺴﺖ ) fi’il zam ( celaan ) ( ﺍﻠﻣﺮﺍﺓ )
fail biksa.
(
ﻫﻧﺪ ) khabar
mubtadnya ( ﻫﻰ ) tidak boleh dituliskan.
Asal
kalimat itu adalah ( ﺒﺋﺴﺖﺍﻠﻣﺮﺍﺓﻫﻰﻫﻧﺪ )
4) Kalau khabar hanya
berupa sifat saja contoh : ( ﺘﺮﻔﻖﺒﺨﺎﻟﺪﺍﻟﻣﺴﻜﻳﻥ )
Artinya
: Kasihanilah oleh engkau si khalid yang
miskin.
I’rabnya : (ﺘﺮﻔﻖ ) fi’il Amar, failnya wajib mentakhirkan
anta (ﺍﻧﺖ)
(ﺐ )
huruf jar (ﺨﺎﻟﺪ) dijarkan oleh bi ( ﺐ ) (
jar dan majrur )
(ﺍﻟﻣﺴﻜﻳﻥ)
sifat dari (ﺨﺎﻟﺪ)
yang sudah diputuskan hukumnya dari man’utnya, namanya naat maqtu’ ( ﻣﻗﻂﻮﻉ ) I’rabnya jadi khabar mubtadanya adalah
(ﻫﻮ )
yang dihazafkan lengkapnya kalimat itu adalah :
( ﺘﺮَﻔﻖﺒﺨﺎﻟﺪٍﻫﻮﺍﻟﻣﺳﻛﻴﻥ )
5)
Wajib terdahulu dari khabar contoh semua yang sudah
disebutkan di atas, kecuali pada beberapa tempat boleh mentakhirkan mubtada
dari khabar nanti dijelaskan dalam
penjelasan khabar.
-
Kadang – kadang ada mubtada itu dijarkan
oleh huruf jar tambahan yaitu bi (ﺐ)
Min
(ﻣﻥ) dan rubba (ﺮﺐ )
contoh ( ﺑﺤﺴﺒﻚﺪﺮﻫﻢ ) ِ ِ(artinya
cukuplah untuk engkau satu dirham.
I’rabnya ( ﺒﺤﺴﺐ )
mubtada dijarkan oleh huruf tamabahan ( ﺰﺍِﺋﺪﺓ )
yang dijarkan hanya lafadznya saja.
( ﺪﺮﻫﻢ ) khabar dari ( ﺑﺤﺴﺐ )
-
syarat – syarat bi (ﺐ)
dikatakan sebagai huruf tambahan ada lima
:
1) Kalau dia menjadi fail dari kalimat ( ﻛﻔﻰ )
contoh ( ﺑﺎﻠﺪﻴﻥ ﻛﻔﻰﻴﻛﺫﺐ )
Artinya : telah mencukupi Allah
akan jadi saksi
I’rabnya ( ﻛﻔﻰ ) fi’il madhi ( ﺑﺎﺍﷲ )
jar majrur menjadi fail majrur dangan
( ﺐ
) tambahan ( ﺷﻬﻴﺪﺍ ) maf’ul bih.
2) Pada kalimat yang akan jadi maf’ul bih contoh
: (ﺒﺎﻠﺪﻴﻦ ﺍﻠﺬﻯﻴﮐﺬﺐ
)
Artinya : Orang – orang yang mendustakan dia akan agama.
I’rabnya (ﺍَﻟﺬﻯ )
isim mausul mubtada (ﻴﻜﺬﺐ ) fi’il mudhori’ failnya (ﻫﻮ ) jumlah
fi’il dan fail menjadi khabar.
( ﺑﺎﻠﺪﻴﻥ )
jar majrur menjadi maful bih.
( ﺍﻠﺪﻴﻥ ) hanya majrur lafadznya saja karena ba (
ﺐ ) huruf jarnya tambahan.
3) Terletak pada mubtad contoh : ( ﺒﺤﺳﺑﻚﺪﺭﻫﻢ )
artinya: cukup untuk kamu satu dirham
I’rabnya ( ﺒﺤﺳﺐ )
mubtada dijarkan oleh ba tambahan.
( ﻚ )
mudofun ilaih.
( ﺪﺭﻫﻢ )
khobar dari ( ﺒﺤﺳﺐ )
4) Pada hal yang amuilnya didahului oleh nafi contoh : (ﺋِﺐٍ ﻤَﺎﺠِﺋْﺖُﺑِﺧَﺎ )
Artinya : Tidak datang aku hal keadaan kosong.
I’rabnya :
( ﻤﺎ ) huruf nafi
( ﺠﺋﺖ ) fi’il dan fail
( ﺐ
) bi huruf jar ( ﺧﺎﺋﺐٍ )
menjadi hal yang dijarkan oleh ba zaidah
(
tambahan ) dia majrur pada lafadz tapi mansub pada mahal ( tempat )
5) Pada khabar laysa (ﻟﻴﺲ) dan khabar
ma ( ﻤﺎ )
Contoh
khabarnya laysa ( َﻠﻴﺲﺍﷲُﺑﺎﺣﻜﻢﺍﻠﻠﺣﺎﻜﻤﻴﻥ
ﺃ)
Artinya
: Adakah tidak ada Allah seadil – adil
orang yang menghukum.
I’rabnya
: ( ﺃ ) istifham
( ﻠﻴﺲ )
fi’il madhi yang naksis yang berkehendak pada isim dan khabar.
( ﺍﷲُ )
isim dari laisa ( ﻠﻴﺲ )
(
ﺑﺎﺣﻜﻢ ) khabar dari laia ( ﻠﻴﺲ ) majrur
pada lafadz karena masuk huruf jar
tambahan tetapi dia marfu’ pada
mahal.
( ﺍﻠﺣﺎﻜﻤﻴﻥ )
menjadi mudhofun ilaih.
Contoh khabar
ma ( ﻤﺎ ) (ﻠﻟﻌﺑﻴﺪ ﻮﻤﺎﺍﷲُﺑﻆﻼﻢ ) artinya dan tidak ada Allah aniaya bagi
hambanya.
I’rabnya (
ﻮ ) ibtida.
(
ﻤﺎ ) nafi ( ma
nafi yang hijaiah yang eramal merofa’kan isim dan mensabkan khabar.
( ﺍﷲ
) isim dari ma ( ﻤﺎ )
( ﺑﻆﻼﻢ
) jar majrur menjadi khabar
dari ma dan hanya aidah
( ﻠﻠﻌﺑﻴﺪ
) jar dan majrur.
- Min ( ﻤﻥ
) dikatakan huruf tambahan bila
mencukupi tiga syarat
1. Harus ada
sebelumnya huruf nafi atau nahi atau istifham.
Contoh yang didahului nafi ( ﻤﺎﺠﺎﺀﺇِﻠﻴﻧﺎﻤﻥﺍﺤﺪ )
Artinya : Tidak datang kepada kami seseorang.
I’rabnya ( ﻤﺎ
)nafi
( ﺠﺎﺀ
) fi’il madhi
( ﺇﻠﻴﻧﺎ ) jar dan majrur.
( ﻤﻥﺃﺤﺪ ) jar majrur dengan (
ﻤﻥ ) zaidah menjadi fail dari ( ﺠﺎﺀ )
Contoh yang didahului nahi ( ﻻَﺗﺪﻥﻤﻥﺃﺳﺪﻔﺗﺳﻠﻢ )
Artinya : Jangan kamu akan singa maka kamu akan selamat.
I’rabnya ( ﻻ
) nahi
( ﺗﺪﻥ
) fi’il mudhori
failnya ( ﺍﻧﺕ
) yang ditakdirkan
( ﻤﻥﺍﺳﺪ ) jar majrur dengan ( ﻤﻥ ) zaidah jadi maful.
( ﻒ
) rabithah (
penghubung ) bagi jawab nahi
( ﺗﺳﻠﻢ
) fi’il mudhori’
mansud oleh fa jawab.
Contoh yang didahului istfham ( ﻫﻞﻤﻥﺧﺎﻠﻕﻏﻳﺭﺍﷲ )
Artinya : Adakah
Tuhan selain Allah.
I’rabnya : ( ﻫﻞ ) istifham
( ﻤﻥﺧﺎﻠﻕ ) jar majrur dengan ( ﻤﻥ ) zaidah jadi mubtada.
( ﻏﻴﺮ
) khabar dari (
ﻤﻥﺧﺎﻠﻕ )
( ﺍﷲِ
) mudhofun ilaih
2. Isim yang
dijarkan harus nakirah
3. Isim yang
dijarkan itu harus menjadi fail atau
maful bih atau mubtada.
- Kalau rubba ( ﺮﺐ
) bukan huruf zaidah tapi hanya syabah zaidah ( serupa tambahan )
2 comments:
ijin copy ya :) syukronnnn
Izin copas biar berkah ya akhii....
Post a Comment